wow ada gunung yang terkubur di bawah antartika!!

Sabtu, 12 Juni 2010

 
Peneliti mengungkap foto gunung yang terkubur di bawah es Antartika. Wilayah kutub planet itu merupakan pegunungan yang luas dan setara dengan Alpen.

Puncak berlekuk itu memiliki tinggi lebih dari 8.000 kaki (2.400 meter). Gunung itu terkubur di bawah es yang padat, dengan tebal lebih dari satu mil ( 1,6 kilometer) jauh di timur Antartika.

Keberadaan pegunungan yang disebut Pegunungan Gamburtsev ini mengejutkan para ilmuwan Rusia saat pertama kali menemukan hal tersebut 50 tahun yang lalu.

Puncak subglasial yang memiliki panjang hampir 750 mil (sekitar 1200 kilometer) itu terus menjadi misteri.

Pada konferensi International Polar Year di Oslo Norwegia, ilmuwan mengungkap gambar radar baru, daerah pegunungan yang berukuran seperti negara bagian New York itu.

"Apa yang kami tampilkan sebelumnya adalah perkiraan berdasarkan data gravitasi, menggunakan alat resolusi yang sedikit kasar," kata Robin Bell, ilmuwan riset senior di Lamont-Doherty Earth Observatory, Columbia New York.

"Apa yang kami tunjukkan pada pertemuan sekarang adalah data radar. Ini seperti perubahan penggunaan dari pulpen besar dan tebal menjadi ujung pensil yang tipis.”

Apa yang diungkapkan dari gambar itu kata Bell, adalah lanskap yang dramatis dan spektakuler dari batuan, lembah sungai yang dalam, danau yang cair dan tidak beku di mana semuanya tersembunyi di balik es.

"Kami sekarang tahu itu bukan daerah pegunungan vulkanik," kata anggota tim studi Kathryn Rose dari British Antarctic Survey.

0 komentar:

Posting Komentar