the wollemi pine:fosil hidup dari jaman jurrasic

Kamis, 20 Mei 2010

 

The Wollemi Pine adalah salah satu tanaman tertua dan paling langka di dunia yang akan membawa kita serasa kembali ke jaman jurrasic. Fosil terakir ditemukan 90 juta tahun yang lalu. Saat ini hanya ada kurang dari 100 pohon Wollemia dewasa yang hidup di alam bebas dan secara langsung wollemia menjadi fokus utama para peneliti untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Walaupun habitat asli pinus ini dirahasiakan, ada salahsatu program menarik dari program konservasinya, yaitu anda dapat menanam sendiri Wollemia ini di dalam pekarangan rumah anda sendiri

Fakta:

* 1. Kenapa Sangat Spesial?? karena Dia adalah salah satu tumbuhan tertua dan terlangka di Dunia.
* 2. Nama Ilmiahnya adalah Wollemia nobilis.
* 3. Berasal dari Family Araucariaceae.
* 4. Jenis tanaman terdekat adalah Kauri Pine, Zimmertanne, Hoop Pine, Bunya Pine dan Chilenische Araukarie.
* 5. Ditemukan kembali pada Tahun 1994 oleh David Noble seorang anggota dari National Park Autorithy 200 km arah barat Sydney, dalam sebuah jurang di hutah tropis seluas 500.000 hektar di Taman Nasional Wollemi, Blue Mountains.
* 6. Wollemi Pine pertama ada sekitar 200 juta tahun yang lalu dan fosil terakhir yang ditemukan berumur 90 juta tahun.
* 7. Populasi saat ini hanya kurang dari 100 pohon dewasa. Dengan ciri "pohon jarum" yang menarik denan warna daun hijau gelap dan kulit bersisik, dan tumbuh dalam satu grup. Wollemia sendiri dapat tumbuh dengan sangat baik dengan cahaya yang cukup dan sangat sempurna di tanah asam dengan suhu berkisar -12 hingga 45 derajad C.
* 8. Ukuran Wollemi terbesar disebut King Willy, dengan tinggi sekitar 40 m dan diameter batang sekitar 1,2m
 

0 komentar:

Posting Komentar