israel temukan pencetak anggur kuno

Jumat, 21 Mei 2010


Arkeolog Israel mengatakan telah menemukan bentuk pencetak anggur tidak wajar yang berumur 14 ribu tahun yang besar dan canggih untuk teknologi di zaman itu.

Alat pencetak berbentuk oktagonal atau persegi delapan yang berukuran 21 kaki x 54 kaki (6,5 m x 16,5 m) dan ditemukan di selatan Israel, sekitar 40 km selatan Yerusalem dan Tel Aviv.

“Apa yang kami lihat di sini adalah sebuah area kerajinan dan industri dari abad keenam hingga tujuh, di mana situasinya dalam wilayah pertanian pertengahan,” ujar Direktur Otoritas Ekskavasi Israel Uzi Ad.

Selama periode tersebut, area keseluruhan adalah bagian kerajaan Byzantium, di sisi timur Dinasti Romawi kuno.

“Ukuran perangkat pencetak anggur tersebut membuktikan fakta bahwa kuantitas anggur yang diproduksi adalah besar dan tidak hanya untuk konsumsi lokal,” ujar Ad.

Anggur tersebut mungkin ditujukan untuk ekspor ke Mesir, lalu pasar ekspor besar lainnya macam Eropa.

Sebuah pencetak anggur sebelumnya ditemukan 20 km jauhnya, utara Ashkeleton.

“Benda yang ditemukan ini adalah pencetak anggur kompleks yang merefleksikan level teknologi tinggi selama periode tersebut, yang didapatkan dan dikembangkan dari generasi ke generasi.

Seluruh perangkat dalam ukuran aslinya adalah 49 kaki x 54 kaki (15m x 16,5m) dan termasuk sebuah lantai perdagangan di tengah dengan jalan aspal mosaik di mana anggur akan diperdagangkan. Jus yang diproduksi dari anggur akan mengalir dari lantai utama ke saluran distribui yang memiliki dua lubang pada masing-masing sisinya.

0 komentar:

Posting Komentar