china jadi pasar barang mewah dunia

Kamis, 20 Mei 2010

 

Marilah berhitung lima tahun ke depan bersama Akademi Ilmu-ilmu Sosial China. Hasilnya, China akan menjadi pasar barang mewah dunia. Menurut catatan Xinhua pada Kamis (20/5/2010), pasar barang mewah tersebut sudah melonjak ke posisi 9,4 miliar dollar AS pada akhir 2009 lalu. Nah, lima tahun lagi, angka itu bergeser naik ke posisi 14,6 miliar dollar AS.

Catatan dari akademi itu juga mengatakan kalau di hampir seluruh metropolitan dan ibu kota provinsi di Negeri Tembok Besar itu kelak seluruh produsen barang mewah, terlebih dari Uwak Sam (US) membuka gerai mereka.

Menariknya, catatan itu juga menggali alasan peningkatan tersebut. Pemicunya adalah makin banyaknya jumlah orang kaya muda di China. Setidaknya, ada 80 persen dari orang kaya muda China berusia kurang dari 45 tahun. Kalau dibandingkan di AS, jumlah itu masih lebih tinggi 50 persennya. Di Jepang, kategori itu cuma tersedia 19 persen.

Nah, orang kaya muda tersebut yang kebanyakan berusia rata-rata 43 tahun punya kemampuan menghabiskan dana untuk konsumsinya mencapai 100 juta yuan atau 14,62 juta dollar AS. Lalu, orang kaya muda kelahiran 1980-an yang memang berasal dari keluarga kaya cenderung doyan menghabiskan duitnya untuk membeli barang-barang mewah.

0 komentar:

Posting Komentar